Desember 03, 2011

Pernahkah Kita...??!!!

Pernahkah kita merasa bahwa suatu ketika cobaan dan kesedihan serta kegalauan datang tanpa mengenal waktu?  Pernahkah kita merasa bahwa cobaan itu tak kunjung usai? Selalu ada cara untuk 'memanggilnya' walaupun sesungguhnya dia tak pernah diinginkan. Masalah satu selesai, muncullah permasalahan baru yang tak jarang lebih menyusahkan dari sebelumnya.
Hal itu mungkin wajar, dan amat sangat sering mengganggu hidup kita. Terkadang timbul keluhan-keluhan seperti, "Ya Tuhan, aku sudah tidak kuat dengan semua ini. Ingin sekali rasanya beban ini segera pergi", atau, "Kenapa semua ini harus terjadi padaku? Apa salahku?", atau bahkan, "Aku udah bosan dengan semua ini. Bosan dengan hidup yang tak adil ini!"
Itu semua hanya sebagian kecil dari segudang kasus yang muncul akibat datangnya cobaan. Hingga tak jarang sejumlah umat manusia nekat mengakhiri hidup hanya karena kurang sabarnya diri mereka terhadap cobaan atau ujian yang mereka hadapi. Mereka tak menyadari bahwa sesungguhnya perbuatan mereka itu hanya akan membawa kerugian bagi diri mereka sendiri.
Ingatlah satu hal. Bahwa cobaan itu datang untuk menguji seberapa besar kuat iman kita kepada Alloh. Dia hanya ingin tahu, apakah makhluk ciptaanNya selalu mengingatNya atau malah mengkufuriNya?
Sadarlah bahwa sesungguhnya Alloh selalu sayang pada semua makhluk ciptaanNya. Alloh menunjukkan rasa cintaNya itu dengan cobaan yang diberikan pada manusia. Alloh ingin kita sebagai manusia ciptaanNya selalu ingat padaNya. Semakin sering manusia mendapat cobaan (atau mungkin hanya sebuah teguran dan peringatan) maka semakin besar rasa cinta Alloh pada orang itu, dengan syarat bahwa orang itu akan semakin mendekatkan diri padaNya. Namun lihatlah kenyataan yang ada di sekitar kita. Banyak diantara mereka yang tak kuat. Mereka sesungguhnya tak tahu bahwa Alloh sangat mencintainya. Dan akhirnya mereka melupakan Tuhannya. Sungguh merugi, Na'udzubillahi min dzalik.
Maka dari itu, jadikan ujian itu sebagai perantara untuk bisa lebih mendekatkan diri pada Alloh. Jangan menjadikan ujian sebagai beban hidup yang memberatkan. Semakin sering kau mendapat ujian maka semakin besar pula rasa cinta Tuhanmu dengan syarat apabila kita tetap berada di jalan yang diridhoiNya. Pasrahkan semua ujian yang kita dapatkan pada Alloh. Berserah diri, ikhlas, dan terima saja.  Karena dengan cara itulah Tuhanmu menunjukkan rasa cintaNya padamu

1 komentar: