Mei 01, 2014

Stop Plagiarisme Sinetron

Hai! Barusan selesai UTS nih. Eh nggak juga sih -_-

Yaa sudahlah lupakan lupakan UTS!

Kali ini aku lagi pengen banget ngomongin sinetron Indonesia yg TERBARU, barusan tayang di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Dibintangi oleh Nikita Willy sama Morgan. Judulnya sih Kau yang Berasal dari Bintang.

Dari judulnya aja sih kalo dibikin jadi bahasa Inggris jadinya gini, You who Came from the Star. Penggemar segala sesuatu tentang Korea pasti udah tau lah itu apaan. Right! Salah satu drama Korea yang baru beberapa bulan lalu tayang di negara asalnya yang menuai sukses besar. Bagaimana tidak, alur cerita yang menarik serta dibintangi sederet artis papan atas Korea Selatan seperti Kim Soo hyun dan Jun Ji hyun. Tak lupa pula, kedua artis yang menjadi pemeran utama tersebut (menurutku..) mempunyai kemampuan akting yang mumpuni dan diimbangi dengan chemistry yang kuat :3
Ini beberapa gambarnya




Balik lagi ke topik awal...
Nah ketika drama itu hampir tamat (aku sangat mengikuti drama ini dari awal sampai akhir) aku terkejut ketika ada seorang teman bilang "ada sinetron judulnya bla bla bla" ya intinya itu lah. Lalu...yasudah. Aku diam, tapi aku mbatin -_-
Yang ada dipikiranku saat itu adalah, bisa-bisanya gitu kok judulnya dimiripin banget, scene-scenenya juga kok..........................................
Ini ada gambarnya juga


Setelah sekian lama akhirnya sinetron ini tayang juga.............

Aku sama sekali nggak berniat untuk menonton, apalagi mengikuti sinetron ini karena aku tau bahwa jadinya bakal (maaf) juwelek banget, nggilani. Bukan maksud untuk menghina sih, tapi ya....ah sudahlah.
Diawal penayangan sinetron ini ternyata beberapa temanku juga pernah sekilas menonton sinetron ini. Dan komentar yang dilontarkan.....sama seperti yang kukatakan tadi. "Yek itu apa sih kok ngawang-ngawang (melayang-layang) gak juwelas" kata salah satu temanku. Tapi aku hanya bisa berkomentar "Itu versi aslinya nggak kayak gitu kok. Itu kan 'menjiplak'. Percayalah, yang asli itu buwagusnya minta ampun"

Naaaah ini nih intinya. Ada link dari website resminya soompi yang membahas sinetron ini. Judulnya seperti ini:
Linknya boleeeeh banget kok dibuka supaya lebih jelas :)
Jadi intinya pihak manajemen drama ini mau menuntut sinetron ini atas kasus plagiarisme hoho :O
Maaf banget bukannya menjelek-jelekkan negara sendiri tapi sesungguhnya aku senang pihak sana akan melakukan penuntutan atas kasus plagiarisme, senang sekali!!

Bukan karena apa-apa sih, tapi menurutku itu bagus untuk kemajuan dunia pertelevisian Indonesia sendiri. Sampai kapan mau plagiat terus? Sampai kapan mau niruin cerita dari luar? Sampai kapan kita bisa menciptakan cerita yang nggak kalah bagus dari cerita dari Korea, Jepang, Hollywood, dll? Sampai kapan....?

Jadi dengan adanya kejadian ini harapannya sih dunia entertainment Indonesia bisa lebih kreatif aja. Ya memang sih menciptakan ide cerita yang keren itu susah. Tapi helloooooo....rakyat Indonesia ada berapa yaa? Setauku sih ada hampir 300 juta orang. Pasti banyak lah orang dengan daya imajinasi yang tinggi yang kalo dijadikan cerita yang kayak gitu tadi. Rempong? Iya! Pasti. Aduh kalo nurutin rempong, ribet, prosesnya lama bla bla bla ya mana bisa semaju negara-negara yang sudah tersebut diatas -_-

Coba cari laaah itu bakat terpendam dalam kepala penduduk yang hampir 300 juta itu.  Atau kalo nggak mau rempong ya mau nggak mau sebuah PH (Production House) kalo mau produksi sinetron dipikirin bener-bener, kerja keras memeras otak. Diluar sana juga gitu kok, orangnya kerja keras. Dan mereka dalam memikirkan jalan cerita nggak mungkin nggak menemui kebuntuan.

Aku yakin kok kita bisa bikin sinetron yang bermutu, berkualitas tanpa harus menjiplak dari luar. Tentu saja, sinetron yang nggak cuma bagus aja, tapi juga memiliki nilai-nilai kehidupan yang sesuai dengan kepribadian bangsa kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar